Endangered Food


Berlebihan apa gak siy kalau judul artikel ini seperti itu? Ah gak laa... memang sudah sulit nyari kedua camilan ini, terutama ongol-ongol. Dulu waktu aku kecil, di semua warung pasti ada kue ongol-ongol ini. Tapi sekarang? Tak ada lagi. Posisinya sudah digantikan donat, pastel, risoles, dan aneka gorengan gurih. Yuk, kita bikin lagiii.. supaya tetap lestari.

Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu, gula pasir atau gula jawa, air, daun pandan, vanili, pewarna, dan kelapa parut. Rasanya manis dan legit kelapa. Dulu waktu aku kecil, ongol-ongol ini ditampilkan dalam wujud ditusukin seperti sate. Naaa... aku teringat kejadian waktu baru pindah Sidoarjo. Di sini ada kue yang mirip ongol-ongol, tapi dari singkong, namanya sundhuk menthuk (kalau gak salah hehehe...). Waktu mau gigit pertama kali aku sangat berharap itu adalah ongol-ongol... wuah ternyata rasa singkong dan kelapanya udah asem pula! Kecewanya diri ini... jadi, sekarang ongol-ongolnya bikin sendiri ajah!

Tapi kalau ada yang ingin menyajikan ongol-ongol sebagai sajian arisan atau pertemuan keluarga, dengan senang hati Cook Mary akan membuatnya untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails